Corgi

Total Pengunjung Web Blog Ini

Welcome To My Web Blog

Sabtu, 16 Juli 2011

“Cara Menerbitkan Naskah Cerpen Dimedia Cetak”

Bagi Anda yang masih binggung untuk menerbitkan karya sastra anda seperti cerpen. Saya sebagai penulis di blog ini mengumpulkan beberapa alamat e-Mail Redaksi Media Cetak di seluruh Indonesia. Kalian dapat mengirimnya melalui alamat e-Mail di bawah ini,
1. Republika
sekretariat@republika.co.id

2. Kompas
opini@kompas.com,
opini@kompas.co.id

3. Koran Tempo
ktminggu@tempo.co.id

4. Jawa Pos
dos@jawapos.co.id,
editor@jawapos.co.id

5. Suara Merdeka
triwikromo@yahoo.com

6. Suara Pembaruan
koransp@suarapembaruan.com

7. Suara Karya
amiherman@yahoo.com

8. Jurnal Nasional
tamba@jurnas.com

9. Jurnal Bogor
donyph@jurnas.com

10. Seputar Indonesia
donatus@seputar-indonesia.com

11. Pikiran Rakyat
khazanah@pikiran-rakyat.com

12. Kedaulatan Rakyat
redaksi@kr.co.id

13. Sinar Harapan
redaksi@sinarharapan.co.id

14. Tribun Jabar
cerpen@tribunjabar.co.id

15. The Jakarta Post (English)
editorial@thejakartapost.com

16. Surabaya Post
redaksi@surabayapost.info

17. Lampung Post
lampostminggu@yahoo.com

18. Bangka Pos
redaksi@bangkapos.co.id

19. Riau Pos
redaksi@riauposonline.com,
habeka33@yahoo.com

20. Sumut Pos
redaksi@hariansumutpos.com

21. Global Medan
tejapurnama@yahoo.com

22. Berita Pagi
huberitapagi@yahoo.com

23. Padang Ekspres
redaksi@padangekspres.co.id

24. Jurnal Cerpen
jurnalcerpen@yahoo.com

25. Majalah Horison
horisoncerpen@centrin.net.id,
horisonpuisi@centrin.net.id,
horisonesai@centrin.net.id dan
kakilangit@centrin.net.id (khusus memuat karya-karya pelajar setingkat SMA)

26. Majalah Sabili
elkasabili@yahoo.co.id

27. Majalah Ummi
kru_ummi@yahoo.com

28. Majalah Femina
kontak@femina-online.com,
kontak@femina.co.id

29. Majalah Story
story_magazine@yahoo.com

30. Tabloid Nova
nova@gramedia-majalah.com

31. Koran Kaltimpost
cerpen@kaltimpost.net (ukuran cerpen maksimal 1000 kata)


Sebelum Anda mengirim naskah cerpen, jangan lupa melampirkan biodata Anda, contohnya sebagai berikut :




Yth. Redaksi Koran Kaltimpost.
Bersama ini saya kirimkan naskah cerpen saya dengan judul “Abortion”.
Dengan mengangkat judul “Abortion” dimana naskah cerpen ini merupakan asli karangan saya yang saya tulis berdasarkan kemampuan yang saya miliiki. Juga berdasarkan pengalaman beberapa remaja yang saya temui dan saya menyusunnya menjadi sebuah cerpen.

Saya selaku penulis telah melihat adanya peluang munculnya satrawan-satrawan muda melalui terbitan harian Kaltimpost. Oleh karena itu saya mencoba mencari talenta saya yang sebenarnya melalui Redaksi anda.
Saya sangat berharap cerpen ini dapat termuat di harian Film dan Cerpen Kaltimpost. Apabila naskah cerpen saya tidak memenuhi kriteria dalam Koran Anda, maka luangkanlah waktu Anda untuk memberikan konfirmasi mengenai penerimaan/penolakkan naskah cerpen saya.
Demikian yang dapat saya uraikan, sekiranya naskah cerpen saya ini dapat termuat dalam halaman Koran Anda. Sesudah dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih .

BIODATA PENULIS
Nama : Junita Torro Datu
Te/Ta/La : Bontang, 29 Juni 1994
Status : Pelajar
Asal Sekolah : SMK Negeri 3 Bontang
Jurusan/Keahlian : Geologi Pertambangan
NO.HP : 0856 **** ****
Alamat E-mail : geum_nheyta@yahoo.com
Situs Blog : nheyta.blogspot.com atau Junita Torro Datu
Alamat Rumah : JL. Pontianak Bontang
Kota : Bontang, Kalimantan Timur
Nomor Rekening : 148-00-xxxxxxx-x (Mandiri)

Pengiriman naskah cepern Anda, biasanya tidak langsung di konfirmasi. Naskah cerpen akan dikembalikan apabila Redaksi tersebut menolaknya dan Redaksi akan memberikan pernyataan ke alamat e-Mail anda apabila naskah anda telah diterbitkan.

Well, Cuma itu yang mungkin bisa saya bagikan buat Anda. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat.

@Thanks and God Bless U All

*Junita Torro Datu*

15 komentar:

  1. infonya sangad membantu.... :)

    BalasHapus
  2. ia sama2...
    coba Anda kirimkan naskah cerpen Anda ke bebrapa media catak di atas..
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kawan, bagaimana cara melihat media itu untuk memastikan atao melihat karya kita telah dimuat,

      Hapus
  3. sudahh...
    tiga kali udah di muat di Bontang Post.. .
    thx kunjungannya :)

    BalasHapus
  4. bagus banget postingan blognya... aku hobi nulis prosa juga, ditunggu komennya yaaa...

    BalasHapus
  5. valid gak alamat email media diatas, gimana cara memastikan bahwa karya kita telah dimuat?

    BalasHapus
  6. kalo di kaltim post waktu tunggu konfirmasi penerimaan ato penolakan.a berap lama?

    BalasHapus
  7. maaf temen-teman saya baru bisa balas komentar kalian :)
    @Yanesha : Minta pengkonfirmasian aja di bawah biodata kamu saat kamu ngirim cerpen kamu.
    @ Kita : saya kurang tau karena setiap media cetak beda

    semoga membantu... thank you

    BalasHapus
  8. Kalo buat nerbitin Komik bisa gk yah???

    BalasHapus
  9. Kalo ngirim cerpen dan sejenisnya kya gitu, dapet honor gak Mb??

    BalasHapus