Corgi

Anda adalah pengunjung ke

Kamis, 07 April 2011

SISTEM KRISTAL MINERAL

Pengertian Kristal adalah suatu padatan yang atom, molekul, atau ion penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi.
Unsur-unsur simetri Kristal

Dari Beberapa sistem kristal dapat dibagi lebih lanjut menjadi kelas-kelas kristal yang jumlahnya 32 klas,Tapi untuk Sementara kita Mempelajari 7 Sistem Kristal yang utama. Penentuan klasikasi kristal tergantung dari banyaknya unsur-unsur simetri yang terkandung di dalamnya. Unsur-unsur simetri tersebut meliputi:
1. bidang simetri
2. sumbu simetri
3. pusat simetri
1. Bidang simetri

Bidang simetri adalah bidang yang dapat membelah kristal menjadi 2 bagian yang sama, dimana bagian yang satu merupakan bayangan dari yang lain. Bidang simetri ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bidang simetri aksial dan bidang simetri menengah.

2. Sumbu simetri
Sumbu simetri adalah garis bayangan yang dibuat melewati/menembus pusat kristal, dan bila kristal diputar dengan poros sumbu tersebut sejauh satu putaran penuh akan didapatkan beberapa kali kenampakan yang sama. Sumbu simetri

3. Pusat simetri
Suatu kristal dikatakan mempunyai pusat simetri bila kita dapat membuat garis bayangan tiap-tiap titik pada permukaan kristal menembus pusat kristal dan akan menjumpai titik yang lain pada permukaan di sisi yang lain dengan jarak yang sama terhadap pusat kristal pada garis bayangan tersebut. Atau dengan kata lain, kristal mempunyai pusat simetri bila tiap bidang muka kristal tersebut mempunyai pasangan dengan kriteria bahwa bidang yang berpasangan tersebut berjarak sama dari pusat kristal, dan bidang yang satu merupakan hasil inversi melalui pusat kristal dari bidang pasangannya.

Kristal dapat diklasifikasikan menjadi tujuh kelompok besar, yang disebut system kristal. Ke-7 kelompok sistem kristal itu yaitu :
1. sistem isometrik
2. sistem hexagonal
3. sistem trigonal
4. sistem tetragonal
5. sistem orthorombik
6. sistem monoklin
7. sistem triklin


1. SISTEM KRISTAL ISOMETRIK

Nama Mineral : Phyrite
Rumus kimia : FeS
2. SISTEM KRISTAL TETRAGONAL

Nama Mineral : Autunite
Rumus kimia : Ca(UO2)2(PO4)2.10-12H2O
3. SISTEM KRISTAL HEKSAGONAL

Nama Mineral : Apatite
Rumus Kimia : Ca5 (F, Cl, OH) PO4
4. SISTEM KRISTAL TRIGONAL

Nama Mineral : Cinnabar
Rumus Kimia : HgS
5. SISTEM KRISTAL ORTHOROMBIK

Nama Mineral : Aragonite
Rumus Kimia : CaCo3
6. SISTEM KRISTAL MONOKLIN

Nama Mineral : Gypsum
Rumus Kimia : CaS04. 2H2O
7. SISTEM KRISTAL TRIKLIN

Nama Mineral : Albite
Rumus Kimia : NaAlSi3O8